Arti Dan Fungsi Merk Dagang
Merek dagang adalah sebuah nama, istilah,
tanda symbol atau desain atau kombinasi dari semuanya ini dimaksudkan untuk
mengidentifikasi produk atau jasa dari seseorang penjual atau kelompok penjual
dan untuk membedakannya dari produk atau jasa pesaing.
Nama Merek : Bagian dari suatu merek yang
dapat dihapalkan atau diucapkan misalnya : Sunsilk, lux, Honda dan sebagainya.
Tanda Merk : Bagian dari suatu merek yang
dapat dikenali tetapi tidak dapat dilapalkan suatu symbol, desain atau
semacamnya.
Misalnya: Singa untuk perusahaanfilm, kuda
laut untuk Pertamina.
Merek Dagang : Merek atau bagian dari suatu
merek yang mendapat perlindungan hukum karena mampu untuk memperoleh hak secara
eksklusif. Sebuah merek melindungi eksklusif penjual untuk
menggunakan nama merek atau tanda merek.
Hak Cipta : Hak sah eksklusif untuk
memproduksi, menerbitkan dan menjual bahan bentuk tulisan, musik atau
karya seni.
Dengan brand/cap/merek tersebut perusahaan
mengharapkan agar konsumen mempunyai kesan positif pada barang atau jasa yang
dihasilkan.
• Syarat-syarat untuk memilih Cap / Merek
Bagaimanapun merek/cap yang telah dipilih
mempunyai pengaruh terhadap kelancaran penjualan, sehingga untuk itu setiap
perusahaan hendaknya dapat menetapkan merek/cap yang dapat menimbulkan kesan
positif.
Dengan demikian ada sejumlah syarat yang perlu
diperhatikan yaitu :
a. Mudah diingat
b. Menimbulkan kesan positif
c. Tepat untuk promosi
d. Memilih cirri khas sendiri
e. Bisa didaftarkan dan dilindungi hak patent
• Pentingnya Merek / Cap
Bagi perusahaan, mencantumkan merek atas
setiap produk yang dihasilkan memiliki fungsi / kegunaan yaitu: mempermudah
konsumen mengidentifikasi produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan.
Merek/cap juga dapat membuat pembeli yakin
akan memperoleh kualitas barang yang sama jika mereka membeli ulang.
Namun bagi penjual pentingnya merk/cap
merupakan suatu yang dapat diiklankan dan akan dikenali konsumen jika sedang
diperagakan dietalase took
Merk/cap secara tidak langsung membantu
penjual mengendalikan pasar, karena para pembeli pada dasarnya tidak mau
dibingungkan oleh produk yang satu dengan produk yang lainnya.
Merk/cap mengurangi perbandingan harga dari
dua macam barang dengan merk/cap yang berbeda.
Bagi para penjual, merk/cap dapat menambah
prestise untuk dibedakan dari komoditi biasa lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar